Sabtu, 11 Mei 2013

Tanah Gambut


Sekilas Tentang Tanah Gambut
Gambut merupakan jenis tanah yang terbentuk akibat tumpukan sisa – sisa tanaman yang sudah setengah membusuk, sehingga kandungan organik yang terkandung dalam tanah ini sangat tinggi. Tanah gambut adalah awal mula dari pembentukan batu bara, atau sering juga disebut sebagai batu bara muda. Sehingga tanah gambut juga sering dimanfaatkan sebagai sumber energi yang berasal dari bahan organik.

Pembentukan Gambut
Tanah gambut terbentuk akibat adanya penghambatan dalam proses pembusukan bagian tumbuhan yang umumnya terjadi di daerah berawa yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Ketiadaan oksigen pada lahan gambut, terkadang membuat lahan gambut tidak hanya tersusun dari tumbuhan, tapi juga dari sisa bangkai serangga dan tanaman. Suatu tanah dikatakan sebagai lahan gambut, jika tingkat kandungan bahan organik dalam lahan tersebut mencapai 30 %. Dan rata – rata tanah gambut di Indonesia memiliki kandungan bahan organik lebih dari 65 % dengan kedalaman lebih dari 50 cm. Tanah yang memiliki kandungan bahan organik antara 35 – 65 % sering juga disebut sebagai lahan muck.
Penyebaran Lahan Gambut
Di Indonesia, lahan gambut bisa ditemukan di daerah ;
§  Sumatera
§  Kalimantan
§  Irian
§ Sebagian wilayah Sulawesi
Selain di Indonesia, lahan gambut juga bisa ditemukan di daerah :
§  Kanada
§  Michigan
§  Florida
§  Rusia
§  Ukraina
§  Irlandia
§  Finlandia
§  Estonia
§  Skotlandia
§  Polandia
§  Jerman
§  Belanda
§  Skandinavia
Sedangkan di belahan bumi selatan, walaupun lahan gambut jarang dijumpai, tapi masih bisa ditemukan di daerah :
§  Selandia Baru
§  Patagonia
§  Kepulauan Falkland
Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa 60 % dari lahan basah yang ada di dunia adalah lahan gambut, yang sekitar 7 % telah dibuka dan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan kehutanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar