Minggu, 04 Agustus 2013

Pepaya Calina

Bibit Unggul Pepaya Calina dari IPB
Pepaya Calina, memang namanya terdengar kebarat-baratan, tapi barat yang ini bukan negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika Serikat lho. Karena ternyata buah ini dilahirkan di Jawa Barat, tepatnya Kota Bogor.
Pepaya Calina ini adalah hasil pengembangan panjang selama enam tahun di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mulai dilakukan sejak 2003 silam. Ide mengembangkan ini bukan tanpa alasan. Para akademisi IPB melihat selama ini produk pepaya nasional terkendala jumlah buah yang sedikit, rasa kurang manis, serta tidak bertahan dari hama dan cuaca.
Berdasarkan masalah tersebutlah akademisi IPB berupaya melakukan  penelitian dengan berupaya menggabungkan keunggulan setiap jenis pepaya yang ada. Sejak 2003 jenis pepaya yang potensial dikumpulkan dan diteliti. Riset ini terus berkembang hingga pada 2009 akhirnya menghasilkan bibit unggul yang dinamakan Pepaya Calina saat ini.
Pepaya Calina hasil riset tersebut memiliki bentuk buah silinder nan eksotik, daging buah sangat tebal berwarna merah dan renyah, rasa lebih manis, serta mampu bertahan baik meski disimpan lebih dari seminggu. Pohon Pepaya Calina berperawakan rendah dan genjah, mampu memproduksi buah lebih banyak, tahan hama, dan  mampu bertahan di cuaca ekstrem.
Pantas saja jika Pepaya Calina menjadi primadona pecinta pepaya saat ini karena sejumlah keunggulannya tersebut. Pepaya hasil riset IPB ini kini bibitnya sudah didistribusikan ke beragam daerah seperti Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar